tanahindie | Makassar Nol Kilometer
231
post-template-default,single,single-post,postid-231,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-10.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.12,vc_responsive

Makassar Nol Kilometer

MAKASSAR NOL KILOMETER
Editor: Anwar J. Rachman, M. Aan Mansyur, Nurhady Sirimorok
Penerbit: Ininnawa-Tanahindie
Juni 2011 (edisi revisi)
273 halaman


“Buku ini telah memberikan sumbangan yang amat penting, setidaknya sebagai ‘pembuka pintu’ bagi para akademisi dan pemerhati kehidupan perkotaan untuk menyelam lebih dalam, dan mengungkapkan realitas yang tersembunyi di balik berbagai gejala sosial yang unik dan khas di Kota Makassar.” (Yahya, Dosen Antropologi Unhas)

“Kumpulan tulisan Makassar Nol Kilometer ini juga tampak ingin memulung dan dan menyelamatkan sejumlah hal yang berbau Makassar, yang kini mulai terserak diabaikan oleh arus perubahan jaman… juga mencoba memulung beberapa runtuhan Makassar dan, mungkin tanpa niat memberi tafsir, berhasil menyajikan sekian serpih impian orang-orang yang menghuni Makassar di persimpangan abad ke-20 dan ke-21… bukan hanya semangat menata tulisan yang memikat. Yang juga istimewa adalah gairah mengumpulkan informasi yang cukup lengkap dan rinci. Para penyumbang agaknya telah dibuat bekerja bukan saja sebagai dokumentator yang lumayan baik, tapi juga pengarang ¬†yang cukup asyik mengolah gaya. Hasilnya adalah jejeran prosa yang mirip perahu mungil ramping yang lincah membawa pembacanya terbawa narasi kocak dan renyah. Dan yang memuat seikat informasi segar dan menarik. (Nirwan Ahmad Arsuka, penulis)

No Comments

Post A Comment